Laman

Senin, 21 Oktober 2013

Menggali Potensi Kuliner Papua


Sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa Indonesia kaya sekali akan jenis dan ragam masakan khas yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Dari sekian banyak daerah dan masakan yang tersebar, Papua adalah salah satu penyumbang keaneragaman masakan khas Indonesia.  melihat papua memilikikeadaan geografis yang unik serta hasil alam yang berlimpah maka tentu masakannya pun akan berbeda dari daerah yang lain. masakan apa sajakan yang menjadi primadona warga papua? simak ulasannya berikut itu

Papeda
Berbeda dengan bagian barat Indonesia yang menjadikan beras sebagai makanan pokoknya, di Papua Papeda atau bubur sagu adalah makanan pokok masyarakatnya. Makanan ini sangat mudah ditemui disana. Papeda atau bubur sagu terbuat dari tepung sagu yang dicampur air lalu dimasak hingga matang. Biasanya Papeda disajikan bersama dengan ikan kuah kuning
Ikan Kuah Kuning 
Ikan kuah kuning terbuat dari ikan tongkol, ikan cakalang ataupun ikan tuna yang dimasak dengan kuah kuning. itulah sebabnya mengapa dinamakan ikan kuah kuning.
biasanya disantap bersama-sama dengan papeda. namun bukan berarti tidak bisa disantap dengan nasi. masakan ini juga tetap lezat walau disandingkan dengan nasi putih hangat.
Sate ulat sagu
Masakan satu ini memang terdengat sedikit ekstrim. dari namanya saja sudah dapat di desripsikan sate ulat bulu adalah sate yang berbahan dasar ulat sagu. karena masyarakat papua menggunakan sagu sebagai makanan pokok mereka. maka saat mengolah pohon sagu pasti menemukan ulat-ulat yang tinggal di batang pohon sagu. nah ulat tersebutlah yang dijadikan bahan sate ulat sagu. Rasa dari sate ulat sagu ini manis dan asin serta memiliki tekstur keras di luar namun lunak di dalamnya. Dahulu sate ulat sagu ini langsung disantap mentah namun seiring perkembangan jaman maka dikembangkan berbagai macam olahannya bisa digoreng atau dibakar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar