Laman

Jumat, 15 Agustus 2014

Manfaat Kelenjar Thymus

kelenjar thymus
kelenjar thymus
kelenjar thymus merupakan kelenjar yang dihasilkan oleh sebuah hormon, yaitu hormon pertumbuhan dan hormon somatorof. Hormon ini berfungsi untuk pertumbuhan pada anak, kelenjar ini sebenarnya khusus digunakan pada usia anak-anak dan bukan usia dewasa. Kelenjar ini sebenarnya membantu dan berfungsi sebagai pembentuk atau penghasil hormon thymosin yang dalam hal ini sangat berperan aktif dalam sistem imun kekebalan pada anak.

Pertumbuhan pada manusia sangat dipengaruhi oleh hormon ini, pasalnya orang yang kerdil atau kurang beruntung dalam masalah tumbuh kembangnya terjadi karena fungsi kelenjar ini tidaklah berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, kelenjar ini sangat dianjurkan dan diharapkan berfungsi sesuai dengan yang semestinya.Namun, jika kelebihan kelennjar ini pun akan membuat penyakit gigsantisme (rakasasa). Sehingga akhirmya, sebenarnya kelenjar ini dibutuhkan dalam jumlah yang proporsionall, tidaklah terlalu banyak dan tidak juga terlalu sedikit.  
Dibawah ini merupakan rincian dari fungsi kelenjar ini;
1. Kelenjar ini dapat vmengurangi aktivitas dari kelenjar kelamin
2. Kelenjar ini dapat merangsang limfosit
3. Kelenjar ini pula dapat mengaktifkan pertumbuhan badan seseorang.


Kelenjar yang terletak tepat disepanjang rongga tracea, dan kelenjar ini akan membesar saat masa-masa pubertas dan akhirnya mengecil kembali semasa dewasa. Sehingga saat dewasa kelnjar ini tidak dapat berfungsi kembali. Oleh sebab itu, pada masa-masa pubertas kelenjar thymus ini sangatlah diperlukan untuk tumbuh kembang pertumubuhan bada seseorang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar