Laman

Rabu, 06 Februari 2013

Mengenal Jenis Dot



Dot untuk Si Kecil

Dot bayi kini sudah umum digunakan sebagai penunjang kebutuhan bayi untuk minum susu atau sekedar mengempeng. Dot bayi tersedia di toko perlengkapan bayi, mini market, bahkan warung sederhana di sekitar rumah. Kualitas dot tentu bermacam-macam, biasnya para ibu sering membeli dot di warung karena harganya yang tergolong murah. Namun beberapa orang tua belum sepenuhnya memahami jenis dan fungsi dot karena setiap dot yang digunakan harus sesuai dengan usia bayi.
Bayi yang baru lahir tidak mungkin menggunakan dot berukuran besar dan juga lubang tempat keluar susu yang besar, bayi bisa tersedak. Begitu pula dengan bayi yang sudah besar dan memiliki daya hisap lebih kuat tidak mungkin menggunakan dot dengan ukuran lubang kecil, ia akan merasa tidak puas saat minum susu dari botol.

Setiap dot memiliki ukuran yang biasanya terbagi menjadi ukuran S untuk bayi usia 0-3 bulan, M untuk bayi usia 3-7 bulan, dan L untuk bayi usia 7 bulan ke atas, untuk menunjang kebutuhan bayi mengkonsumsi sari buah tersedia juga dot yang berbeda. Dot silikon berwarna putih bening dan memiliki tekstur keras, karena itu dot silikon lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. Sama dengan dot karet yang berwarna kuning dan lembut, bisa juga digunakan sama seperti dot silikon untuk bayi yang memiliki daya hisap lebih kuat. Dot yang terbuat dari silikon juga menyediakan dot yang bertekstur lebih lembut dari dot silikon biasa, biasa disebut dengan stretcable nipple. Dot ini sangat cocok untuk bayi yang sudah memiliki gigi sempurna. Sedangkan dot peristaltik mampu bergerak sangat elastis, dot ini banyak digunakan oleh dot bermerk. Dot yang memiliki desain lebar dan lentur ini cocok untuk digunakan oleh bayi yang belum tumbuh gigi atau tumbuh gigi yang belum sempurna, sehingga tidak akan melukai gusi bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar